Kesulitan Mengajar Bahasa Inggris, Bagaimana Mengatasinya?

Pertanyaan :
Saya guru bhs inggris di sebuah SMK swasta di Denpasar.. saya kesulitan dalam mengajar bahasa Inggris.. pertama,karena sekolah hanya memberikan silabus dan LKS tanpa memberikan buku pedoman, kedua,murid-murid yang menganggap bhs inggris adalah suatu momok yang menakutkan… saya minta tolong bantuannya untuk masalah ini.. terimakasih…
Gek Trisna, Denpasar————–
Jawaban Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., MA :
Gek Trisna yang baik,

tiwik-in-missouri1 Apabila anda memiliki kompetensi akademik sebagai guru bahasa Inggris, sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir. Tanpa buku pedoman yang baku, anda sebenarnya malah lebih leluasa memilih sumber materi ajar dengan mengambil berbagai sumber yang relevan dan otentik, sesuai dengan materi ajar yang sudah ditetapkan di silabus. Materi ajar bisa bersumber dari bahan otentik seperti koran atau majalah. Selain itu, anda juga bisa memadukan berbagai coursebooks yang banyak beredar di pasaran. Akan lebih baik lagi kalau anda termotivasi untuk menyusun materi anda sendiri berdasarkan silabus yang ada.

Bagaimana meningkatkan motivasi siswa agar merasa senang belajar bahasa Inggris. Salah satu kuncinya adalah menerapkan joyful learning melalui berbagai kegiatan yang bersifat fun english, seperti games, songs, riddles, atau penggunaan media (pictures, flash cards, maps, dsb). Ada banyak situs di internet yang menyediakan berbagai materi atau kegiatan untuk mengajar bahasa Inggris. Yang penting, sebagai guru, anda sendiri perlu “membawakan” materi secara menyenangkan juga, dengan tidak melulu berkutat dengan grammar dan vocabulary yang tidak kontekstual. Keempat ketrampilan bahasa (Listening, Speaking, Reading, and Writing) perlu diajarkan secara terpadu agar tujuan komunikatif pembelajaran Bahasa Inggris bisa tercapai.

Selamat mengajar.

  • **************************

* Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., MA
Sekretaris Jurusan Bahasa Inggris UNESA, Staf Ahli Klub Guru
(Sumber:klubguru)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: