Berhenti Mengeluh di Kantor

Tahukah anda salah satu suara yang cukup mengganggu di kantor adalah suara ‘keluhan’? Memang sih, kalau mau dihitung-hitung ada aja yang bisa dikeluhkan. Misalnya pembagian kerja yang tidak merata, bos yang acuh tak acuh, fasilitas yang sering ngadat, atau rekan kerja yang ‘reseh’. Hal ini merupakan keluhan yang sering terdengar di kantor. Pendek kata, keluhan merupakan suatu bentuk ketidakpuasan seseorang terhadap suatu keadaan.

Tapi apapun masalah yang anda hadapi di kantor, cobalah untuk tidak mengeluh. Karena menurut John R. Brinkerhoff dalam bukunya Dalil Bekerja di Kantor, kebiasaan mengeluh bisa membuat anda menjadi ‘pencela’ yang handal. Sedikit saja anda merasa tidak puas terhadap sesuatu, anda akan mengeluarkan kalimat celaan. Dan ini berdampak negatif terhadap perkembangan pribadi anda.

Keluhan juga bisa menurunkan kredibilitas dan membuat anda tampak sangat tidak profesional. Dan ingat, pada dasarnya tidak ada satu orang pun yang suka mendengarkan keluhan di kantor. Karena di kantor tidak ada satu orangpun yang dibayar untuk mendengarkan keluhan.  So, jika anda pengeluh sejati di kantor, belajarlah untuk berhenti mengeluh.

Setiap menemui masalah, belajarlah untuk memahami masalah itu terlebih dulu. Kemudian cobalah pikirkan jalan keluarnya. Jika anda merasa ‘mentok’ barulah bicarakan pada orang yang bisa diajak bicara. Kalau perlu bicarakan pada bos anda. Tetapi ingat, jangan bernada mengeluh apalagi sampai melebih-lebihkan masalah. Bicarakan secara profesional dan netral. Dan jangan menyudutkan satu atau sekelompok orang yang anda anggap bersalah.

Jangan sekalipun melihat suatu persoalan dengan kacamata merah. Karena meski anda tidak puas dengan kondisi di kantor, anda juga tidak boleh menutup mata pada sisi positif organisasi di perusahaan anda. So, berhentilah mengeluh. Percayalah wajah anda akan tampak lebih bersinar jika jauh dari keluhan. Selain itu anda yang jarang atau tidak pernah mengeluh akan menjadi sosok yang ‘tahan banting’. Sukses pun akan semakin mudah anda raih.

Good luck, Bro, my Friend…..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: