Surya Paloh’s Site

MERAJUT PELANGI BANGSA

“Jangan pernah mengharapkan bangsa lain akan datang dan membantu bangsa ini untuk menyelesaikan seluruh kesulitan
yang ada, kecuali bangsa ini sendirilah yang mampu menyelesaikan kesulitan bangsanya sendiri”

Surya Paloh
(disampaikan dalam pidato di hadapan FKPPI Maluku Utara di Ternate, 25-08-2003)

Surya Paloh
Foto: Surya Paloh

KONSEPSI KEBANGSAAN

“ Konsepsi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah final, tak bisa ditawar-tawar lagi. Oleh sebab itu, komitmen kebangsaan harus dibangun sedemikian rupa, sebagai fondasi yang tak mudah tergoyahkan.

Sulit dipungkiri, bahwa kebesaran bangsa Indonesia justru terletak pada kondisi sosial masyarakatnya yang pluralistic. Bentangan pulau dari Sabang hingga Merauke, perbedaan suku, etnis, ras, dan agama, justru menjadi ornamen indah yang menghias persada nusantara.

Di sinilah arti penting national character building, yang dapat mematri komitmen kebangsaan. Yakni bersatu dalam kebhinekaan. Tanpa itu, Indonesia tidak akan berarti apa-apa”.

  • ************************

SURYA PALOH AJAK MASYARAKAT GUNAKAN HAK PILIH

Oleh Bappilu ’09 pada 19 Desember 2008

Metrotvnews.com, Tuban: Ketua Dewan Penasihat Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya Surya Paloh mengimbau masyarakat Jawa Timur, untuk menggunakan hak pilih mereka dalam Pemilihan Umum 2009. Hal itu disampaikan Surya saat meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Tuban, Jawa Timur, hari ini. Menurut Surya, hak pilih adalah bagian dari demokrasi yang harus dijalankan dan menjadi tujuan negara dan bangsa Indonesia. Surya juga meminta masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai demokrasi secara profesional.

Tiga tahun lalu, tepatnya, April 2006, Kantor Golkar Tuban dibakar massa dalam suatu kerusuhan pascapilkada. Massa pendukung salah satu calon bupati melakukan aksi anarkis setelah Ketua DPD Golkar Tuban, Heni Relawati dinyatakan sebagai pemenang Pilkada. Dalam waktu yang relatif singkat, Ketua DPD Golkar Tuban yang juga Bupati Tuban bersama kader Golkar setempat berhasil membangun kembali kantor tersebut. Kantor baru ini lebih besar dan lebih mewah dibanding kantor sebelumnya. Bagi Surya, pembangunan ini membuktikan bahwa Golkar tetap eksis. Ia menegaskan selama 44 tahun mengabdi untuk bangsa dan negara, Golkar tidak pernah mundur dari komitmen perjuangan, yakni mempertahankan Pancasila. Golkar juga tidak pernah bergeser dari kimitmen sebagai partai yang memberi tempat dan menghargai pluralisme.

Surya mengakui Golkar pernah melakukan kesalahan. Namun, menurutnya, kekhilafan di masa lalu telah menjadi bagian dari romantika kehidupan. Menurut dia, apabila dilihat secara jujur, dengan pikiran dan hati yang jernih, Golkar telah memberi sumbangan besar bagi bangsa Indonesia. Terkait dengan persatuan dan kesatuan yang menjadi salah satu misi Golkar, Surya menyerukan kepada para kader Golkar seluruh Indonesia agar jangan pernah bergeser dari garis perjuangan partai, yakni menjunjung tinggi semangat kebersamaan dalam kemajemukan sesuai prinsip Bhineka Tunggal Ika.

Tentang perjalanan reformasi selama 10 tahun, Surya menekankan reformasi seharusnya menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik. Dalam beberapa bidang, perubahan seperti itu sudah terjadi. Di bidang politik, Indonesia sudah menikmati kebebasan berekspresi yang sangat luas, bahkan cenderung tanpa batas. Sebagai kader partai politik terbesar di negeri ini, Surya mengingatkan demokrasi bukanlah tujuan, tapi merupakan alat untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara. Karena itu, ia mengajak semua pihak agar jangan mengarahkan demokrasi untuk merontokkan tujuan berbangsa dan bernagara. Jangan juga mengarahkan demokrasi untuk meniadakan semangat persatuan dan kesatuan.

Turut hadir dalam acara ini sejumlah fungsionaris dari pusat dan Bupati Tuban Haeny Relawati. Selain peresmian Kantor DPD, acara ini juga sekaligus untuk memeringati ulang tahun ke-44 Golkar, yang jatuh pada 20 Oktober silam.

Reporter Metro TV Yohanna Margaretha dari Tuban, melaporkan, kedatangan Surya Paloh dan rombongan disambut antusias ratusan kader Golkar di Lapangan Teungku Umar. Tampak pula Bupati Tuban Haeny Relawati ikut menyambut kedatangan Surya yang menggunakan helikopter. Dari sana, rombongan langsung menuju lokasi acara di Jalan Basuki Rachmat.(DSY)

Comments are closed.

%d bloggers like this: